Jumat, 11 November 2011

cara menanam buah naga


Cara Menanam Buah Naga
Tertarik dengan prospek cerah buah naga? Simak langkah-langkah menanam buah yang masih termasuk ke dalam keluarga kaktus ini.
1. Pilih batang yang sudah tua, dan sebaiknya yang sudah pernah berbuah. Atau, pilih yang bentuk batangnya mengarah ke atas. Lalu tancapkan di media tanam.
2. Jika ingin menanamnya dalam pot, masukkan campuran media tanam yang terdiri dari tanah, pupuk, dan pasir, masing-masing berbanding satu Pasir bisa diganti sekam bakar. Namun, jika tanahnya sudah porous, tak perlu pasir lagi.
3. Gunakan alat khusus untuk mengetes tingkat pH (asam dan basa) tanah.
4. Pilih penyangga besi untuk menahan batangnya agar tak terlalu melengkung ke bawah.
5. Di masa vegetatif, akan muncul cabang-cabang baru yang sehat, berbentuk runcing, dan ujungnya berwarna kemerahan. Buang batang-batang yang tumbuh dari bawah, karena tak ada gunanya.
6. Berikan pupuk pertama saat baru saja ditanam. Pemupukan kedua dilakukan setelah 6 bulan sejak ditanam, atau menjelang musim panen. Pemupukan ketiga, berikan setelah musim panen usai. Beri pupuk dalam dosis ½ -nya, dengan jangka waktu agak sering.
7. Sebaiknya, korek dulu sekitar media tanamnya lalu beri pupuk di sekelilingnya. Maksudnya, agar ketika hujan datang, pupuk tak ikut larut dengan air hujan. Jika media tanamanya digali dan masih berwarna hitam, artinya masih ada sisa pupuk lama di sana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar